10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023: Rasa Otentik

0
90


Selain rasanya yang enak, kopi juga menawarkan segudang manfaat. Mulai dari meningkatkan energi, membantu berkonsentrasi, hingga manfaat kesehatan seperti mengurangi resiko diabetes. Ketimbang kopi instan, membeli biji kopi atau bubuk kopi asli lebih disarankan bagi penggemar kopi terutama yang minum kopi setiap hari. Biji kopi memiliki rasa yang lebih otentik dan tidak menggunakan bahan kimia apapun seperti kopi instan. Dari banyaknya merk penyedia biji kopi dan bubuk kopi yang ada, manakah yang terbaik? Agar tidak salah pilih, baca ulasan 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik di Indonesia 2023 ini, untuk rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan gaya hidup Anda! Baca juga ulasan mesin kopi dan kompor portable terbaik!

Artikel ini terakhir diperbarui pada 17 April 2023

10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik di Indonesia 2023

1. Arutala Coffee Milk Gold Blend

 

Arutala Coffee Milk Gold Blend
Arutala Coffee Milk Gold Blend – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Cocok untuk kopi susu dan latte

Pada dasarnya, semua biji kopi bisa digunakan untuk minuman milk-based atau latte. Namun, tidak semua memberikan rasa yang seimbang dan pas. Oleh karena itu, startup kopi Arutala menciptakan racikan Coffee Milk Gold Blend untuk Anda yang suka membuat minuman latte dan milk-based lainnya di rumah. 

Paduan 75% arabika dan 25% robusta untuk rasa yang seimbang

Coffee Milk Gold Blend dibuat dengan paduan 75% arabika dan 25% robusta untuk memberikan ketebalan dan konsentrasi kopi yang cukup dan tingkat keasaman yang rendah rendah. Disamping itu, ia juga di-roasting dengan level dark untuk mempertahankan ketebalan yang tinggi. Rasanya sangat seimbang saat dipadukan dengan susu, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan untuk minuman latte dan cappucino. 

Untuk pecinta kopi yang punya masalah dengan asam lambung, biji kopi Aratula ini juga bisa menjadi pilihan loh!

Keunggulan:
  • Blend 75% arabika dan 25% robusta
  • Diracik khusus untuk minuman latte dan cappuccino
  • Dark roast 
  • Tingkat keasaman rendah

2. Seven Bika Horeca Wild Luwak Pure Arabika

Seven Bika Horeca Wild Luwak Pure Arabika
Seven Bika Horeca Wild Luwak Pure Arabika – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Dari luwak liar dengan kualitas superior

Mungkin Anda sudah mengenal istilah kopi luwak. Ditaksir sebagai kopi termahal di dunia, kopi luwak memang memiliki rasa yang lebih enak dan berkualitas. Namun tak semua luwak dapat memilih kualitas biji kopi terbaik, terutama luwak ternak. Oleh karena itu, Seven BIka Horeca Wild Luwak Pure Arabika ini hanya memproduksi kopi yang berasal dari luwak liar yang hanya memakan kopi kualitas superior, sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi. 

Kopi luwak ini juga cocok untuk yang rentan dengan sakit maag, karena ia memiliki tingkat keasaman yang sangat rendah, berkat proses fermentasi alami oleh luwak. Ia juga memiliki tingkat protein dan kafein yang rendah, sehingga aman untuk penyakit jantung. Jika dulu kopi luwak hanya dikonsumsi oleh bangsawan Belanda, sekarang Anda sudah dapat menikmatinya dengan bebas!

Keunggulan:
  • Kopi luwak kualitas terbaik
  • Memiliki keasaman, protein, dan kafein rendah
  • Aman untuk penyakit jantung

3. Otten Coffee Flores Bajawa

Otten Coffee Flores Bajawa
Otten Coffee Flores Bajawa – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Aroma harum Bajawa yang khas

Belum jadi penggemar kopi namanya kalau belum mencoba kopi Bajawa. Otten Coffee juga hadir dengan kopi Bajawa asli berkualitas dan diproses dengan alat-alat terbaik. Alasan kopi ini sangat disukai adalah paduan wangi esktois dan aroma floralnya yang kuat – saat menyeduhnya, aroma harum akan menyebar ke seluruh ruangan! Kopi ini ini juga memiliki body yang kental, namun tingkat keasamannya cukup rendah.

Keunggulan:
  • Wangi eksotis dan aroma floral yang khas
  • Body lebih kental
  • Tingkat keasaman rendah

4. Lakota Kopi Premium Arabika Bali

 

Lakota Kopi Premium Arabika Bali biji kopi terbaik
Lakota Kopi Premium Arabika Bali – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Cocok untuk single origin dan kopi tubruk

Kopi Bali menjadi salah satu kopi Indonesia yang populer hingga mancanegara bukan tanpa alasan. Tumbuh di dataran tinggi Kintamani dan lereng-lereng Gunung Batur dengan ketinggian diatas 900mdpl, kopi Bali memiliki cita rasa fruity yang khas dengan sedikit sentuhan floral dan chocolaty, namun tidak ada sentuhan rasa rempah-rempah seperti kopi Indonesia lainnya. Jika kamu ingin mencoba kopi bali berkualitas, Lakota Kopi Premium Arabika Bali ini bisa menjadi pilihan. 

Olahan fully washed untuk menciptakan body kopi yang lebih ringan 

Diolah dengan teknik tradisional Bali dengan metode fully washed untuk menghilangkan getah dan kulit luar secara sempurna, sehingga ia memiliki body yang ringan dan cocok untuk brewing single origin, French press, maupun tubruk. Sentuhan rasa fruity-nya pun sangat menyegarkan tanpa tingkat keasaman yang tinggi. 

Memang, kopi Bali dari Lakota ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi, namun soal rasa tentu tidak bisa diragukan lagi!

Keunggulan:
  • Kopi premium arabika bali 
  • Cocok untuk single origin, French press dan tubruk
  • Memiliki kecenderungan rasa manis, fruity, floral dan chocolaty 
  • Memiliki tingkat keasaman yang rendah

5. Sutoyo Coffee

 

Sutoyo Coffee biji kopi terbaik
Sutoyo Coffee – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Kopi wine terbaik

Kopi wine pada dasarnya bukan seperti minuman wine dan mengandung alkohol sedikitpun. Ia merupakan hasil dari proses pascapanen dimana biji kopi difermentasi antara 30 hingga 60 hari. Hasilnya adalah citarasa kopi yang sangat fruity dan menyerupai minuman wine. Di Indonesia, kopi gayo wine adalah salah satu varietas yang paling dikenal, dan produk dari Sutoyo Coffee ini adalah kopi wine yang menurut kami paling berkualitas. 

Karakteristik citarasa berry dan grapefruit yang tajam

Diproduksi dengan teliti dan hanya memilih biji terbaik, kopi wine dari Sutoyo ini memiliki karakteristik rasa berry dan dan grapefruit yang kuat dengan sedikit sentuhan rasa manis. Namun, tingkat keasamannya yang tinggi berarti kamu harus menahan diri jika kamu memiliki masalah asam lambung atau maag. 

Kopi gayo wine dari Sutoyo ini tersedia dalam pilihan ukuran 100g, 200g, 250g, 500g dan 1kg. 

Keunggulan:
  • Hasil fermentasi kopi
  • Rasa fruity yang kaut dan tajam
  • Tidak ada penambahan alkohol
  • Tersedia dalam berbagai ukuran

6. Otten Coffee Premium Arabica Blend

Otten Coffee Premium Arabica Blend
Otten Coffee Premium Arabica Blend – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Kopi gayo berkualitas tinggi

Otten Coffee adalah salah satu brand kopi ternama di Indonesia dengan berbagai produk kopi dan peralatannya yang berkualitas. Edisi Premium Arabica Blend ini juga tak dikecualikan. Ia diambil dari Pegunungan Gayo yang dikenal dengan kualitas kopinya yang top, dimana panen kopi diproses dengan sangat detail dan hanya mengambil buah kopi yang telah matang saja. 

Tumbuh di ketinggian 1500 mdpl, kopi ini termasuk kategori varietas Ateng yang merupakan kopi asli Sumatera. Ia memiliki rasa earthy yang kaya dengan campurkan notes dari coklat dan black cherry. Menariknya lagi, Otten Coffee hanya akan me-roasting kopi saat dipesan untuk memberikan kopi yang segar kepada setiap pembeli!

Keunggulan:
  • 100% Arabika murni berkualitas dari pegunungan Gayo
  • Rasa earthy yang dicampur dengan coklat dan black cherry
  • Hanya akan di-roasting saat dipesan

7. WoCA Kopi Bali Robusta Peaberry

WoCA Kopi Bali Robusta Peaberry biji kopi terbaik
WoCA Kopi Bali Robusta Peaberry – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Kopi Peaberry dengan manfaat vitalitas pria

Selain dikenal sebagai Pulau Dewata, Bali juga memiliki kopi yang tak kalah bagus. Salah satu merk kopi Bali yang terbaik adalah WoCA Kopi, dengan edisi kopi Peaberry-nya yang unik. Berbeda dengan kopi biasa, kopi Peaberry atau yang lebih sering dikenal dengan kopi lanang ini memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi resiko diabetes, memperlancar peredaran darah, hingga manfaat vitalitas pria dewasa!

WoCA Kopi Bali Robustsa Peaberry ini memiliki body yang sangat tebal dan citarasa dark chocolate yang dalam. Selain dapat membeli dalam bentuk biji kopi, kamu juga bisa membeli dalam jenis bubuk dengan pilihan gilingan halus hingga kasar. 

Keunggulan:
  • Tipe Peaberry dengan manfaat untuk vitalitas pria
  • Body sangat tebal dengan citarasa creamy

8. Konnichiwa Gorudo Beans

 

Konnichiwa Gorudo Beans biji kopi terbaik
Konnichiwa Gorudo Beans – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Untuk citarasa tobacco dan rempah-rempah

Jujur, bagi saya kopi Flores adalah salah satu varietas kopi Indonesia yang enak untuk berbagai jenis brew, baik itu single origin, espresso hingga latte. Kopi Flores dari Konnichiwa Gorudo Beans ini tumbuh di dataran indah Flores di ketinggian 1200 mdpl, dan, meskipun memiliki sedikit rasa manis, ia memberikan sentuhan kacang-kacangan seperti hazelnut dan coklat, serta sedikit notes dari tobacco dan rempah-rempah untuk rasa yang deep. Cocok untuk dinikmati bersantai dengan sebatang rokok!

Disamping itu, ketebalan bodi-nya ringan dan memiliki keasaman yang sedang, sehingga rasanya cocok untuk untuk banyak orang di Indonesia. 

Keunggulan:
  • Kopi arabika flores
  • Sentuhan citarasa tobacco dan rempah-rempah
  • Tingkat keasaman sedang

9. EL’S Coffee Lampung Robusta

 

EL'S Coffee Lampung Robusta biji kopi terbaik
EL’S Coffee Lampung Robusta – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Rasa earthy yang dalam dan tingkat keasaman sangat rendah

Nama Lampung selalu meningatkan dengan kopi robustanya yang lezat. Selain memiliki aroma yang khas, kopi robusta asal Lampung diproses dengan metode tradisional untuk menjaga kemurnian dan keaslian rasanya. EL’S COFFEE Lampung Robusta ini adalah salah satu kopi robusta Lampung yang patut kamu coba. 

Diproses dengan Italian roaster berkualitas tinggi

Diproses oleh Italian roaster, kopi robusta Lampung ini menawarkan sentuhan citarasa earthy, almond, dark chocolate yang terasa tebal dan penuh saat di mulut. Menariknya lagi, tingkat keasamannya juga sangat rendah dan aman dikonsumsi untuk pecinta kopi yang rentan dengan penyakit maag atau asam lambung. 

Kopi robusta Lampung ini biasanya cocok untuk Cold Brew dan Vietnam Coffee. Namun saya pribadi suka menikmatinya dengan seduhan Americano maupun Espresso karena rasanya yang tebal dan tidak bikin asam lambung rewel!

Keunggulan:
  • Aroma kacang2an dan aroma tanah yang khas
  • Roaster Italian berkualitas
  • Rasa tebal di mulut
  • Cocok untuk cold brew, americano, espresso dan Vietnam coffee
  • Tingkat keasaman sangat rendah

10. JJ Royal Coffee Bali Arabica Bean

JJ Royal Coffee Bali Arabica Bean biji kopi terbaik
JJ Royal Coffee Bali Arabica Bean – Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik 2023

Kopi Gunung Batur dengan body yang ringan

Masih dengan kopi Bali, edisi kopi Bali dari JJ Royal Coffee ini berasal dari area kawah vulkanik Gunung Batur yang subur, sehingga menciptakan kualitas kopi tak tertandingi. Aromanya sangat kuat dengan sedikit hint dari buah cherry, tingkat keasaman tinggi, dan memiliki tekstur body yang sangat ringan. Cenderung lebih manis, kamu juga akan merasakan aftertaste cocoa saat mencicipi kopi. 

Keunggulan:
  • Kopi Gunung Batur 
  • Body super ringan
  • Hint rasa dari buah cherry dengan keasaman tinggi

 

FAQ

Apa saja merk biji kopi dan bubuk kopi terbaik di Indonesia?

Jika Anda tak segan mengeluarkan biaya lebih untuk kualitas terbaik, Space Roastery dan Seven Bika adalah merk biji kopi yang dapat dipertimbangkan. Kualitasnya terjamin baik dan berasal dari kopi yang diproses dengan metode fair trade dan mendukung petani lokal.

Apa perbedaan kopi robusta dan arabika?

Kopi arabika cenderung memiliki keasaman lebih tinggi, body yang ringan, serta warna yang tidak terlalu pekat. Sedangkan, kopi robusta memiliki keasaman lebih rendah sehingga aman untuk yang rentan dengan penyakit maag. Kopi robusta biasanya memiliki rasa yang lebih earthy dan body yang lebih tebal dan rasa lebih pahit.

Dimana tempat berbelanja biji kopi dan bubuk kopi terbaik di Indonesia?

Kita terbiasa membeli perlengkapan rumah tangga di toko secara langsung, padahal harga biji kopi dan bubuk kopi terbaik di toko online jauh lebih murah dibandingkan toko offline. Dari semua marketplace online di Indonesia, Shopee adalah rekomendasi kami untuk membeli alat elektronik rumah tangga. Selain harga yang lebih murah, pilihan di Shopee juga jauh lebih banyak!

 

Semoga rekomendasi 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik di Indonesia ini dapat membantu kamu untuk menemukan pilihan biji kopi dan bubuk kopi terbaik yang tepat sesuai kebutuhanmu. Baca juga rekomendasi produk rumah tangga lainnya di webite kami. Jika kamu menganggap tulisan ini berguna, silahkan bagikan terhadap teman dan kerabat kamu ya. Tunggu rekomendasi-rekomendasi lainnya!


This post was brought to you by The Wedding Vow.

Disclosure: All opinions remain the writer’s own. There may be paid or sponsored mentions in the above article, but we believe in honesty of relationship, opinion, and identity. We will only recommend services that we have tried and tested ourselves or have done extensive research and find them to be useful recommendations. For more information, kindly refer to our copyright & disclosure policy.

To get featured on The Wedding Vow, email advertise@theweddingvowsg.com for advertising, editorial@theweddingvowsg.com for media content.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here