10 Merk Kecap Ikan Terbaik 2023: Enak, Halal, dan Menyehatkan

0
105


Untuk Anda yang penasaran dengan rasa gurih dari masakan oriental  yang khas, kecap ikan adalah rahasianya. Baik Anda ingin memasak masakan lokal seperti bakso, soto, nasi goreng, atau seafood, kecap ikan bisa membuat rasa masakan menjadi lebih sedap dan gurih, serta bersama aroma yang menggugah selera. Beberapa kecap ikan juga dibuat untuk siap makan sehingga bisa digunakan sebagai saus cocol untuk makanan ringan seperti gorengan dan lumpia. Dari banyaknya jenis kecap ikan yang beredar, manakah kecap ikan terbaik di Indonesia? Di artikel ini, kami membahas 10 Merk Kecap Ikan Terbaik di Indonesia 2022, untuk rekomendasi yang sesuai dengan selera, kebutuhan, dan isi kantong Anda! Baca juga ulasan minyak wijen dan merk susu full cream terbaik!

Artikel ini terakhir diperbarui pada 24 Januari 2023

10 Kecap Ikan Terbaik di Indonesia 2023

1. Kecap Ikan Djoe Hoa Cap Ikan Merah

Kecap Ikan Djoe Hoa Cap Ikan Merah
Kecap Ikan Djoe Hoa Cap Ikan Merah – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Citarasa gurih khas Indonesia yang berkualitas

Tak heran jika kecap ikan Djoe Hoa Cap Cap Ikan Merah ini menjadi favorit para koki restoran ternama. Ia adalah produk kecap ikan pertama di Indonesia sejak 1942 dan tetap menggunakan resep yang sama yang dikenal dengan citarasa khas Indonesianya. Dibuat dari fermentasi ikan dan garam, kecap ikan ini juga melalui proses tradisional yang panjang.

Rasa yang enak dan gurih dan kecap ikan ini cocok untuk dicampurkan di berbagai jenis masakan seperti bakso, soto, mie, pindang, hingga aneka Chinese foods. Makanan dijamin enak karena rasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Apalagi untuk rasanya yang enak harganya juga tidak terlalu mahal lo!

Keunggulan:
  • Produk kecap ikan pertama di Indonesia sejak 1942
  • Citarasa gurih khas Indonesia

2. Kikkoman Fish Sauce

Kikkoman Fish Sauce
Kikkoman Fish Sauce – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Cocok untuk vegetarian

Sedang diet vegetarian? Kikkoman Fish Sauce terbuat dari bahan-bahan nabati dan alami seperti sirup jagung dan protein kedelai serta perasa ikan. Ia memiliki rasa umami yang lezat dan cocok untuk masakan tumis maupun seafood. 

Tidak mengandung unsur hewani

Selain tidak mengandung unsur hewani, kecap ikan ini juga sudah bersertifikasi halal. Dari segi rasa dan harga, Kikkoman Fish Sauce ini pantas disebut sebagai salah satu kecap ikan terbaik di Indonesia untuk vegetarian. 

Keunggulan:
  • Cocok untuk vegetarian
  • Tidak mengandung unsur hewani
  • Rasa umami yang cocok untuk berbagai masakan

3. Daesang Chung Jung One Anchovy Sauce

Daesang Chung Jung One Anchovy Sauce
Daesang Chung Jung One Anchovy Sauce – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Untuk masakan dengan rasa asli Korea

Daesang Chung Jung One Anchovy Sauce adalah kecap ikan yang berasal dari Korea Selatan dengan citarasa khasnya yang sedap dan menggugah selera. Ia cocok untuk dicampur pada resep masakan ataupun sebagai saus cocol karena ia siap dimakan tanpa harus dimasak. Rasanya sedap, gurih, dan tidak amis. Untuk pecinta masakan Korea, menggunakan kecap ikan ini bisa membuat rasa masakan Korea menjadi lebih asli. 

Kecap ikan ini memiliki kualitas yang tinggi dan memang dilabeli dengan harga yang cukup mahal. Namun soal rasa, tentu tak perlu diragukan lagi!

Keunggulan:
  • Citarasa Korea yang sedap
  • Tekstur kenyal yang meresap dengan baik pada masakan
  • Tidak amis

4. Kikkoman Fish Sauce

Kikkoman Fish Sauce
Kikkoman Fish Sauce – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Kecap ikan siap makan untuk saus cocol

Kikkoman Fish Sauce adalah saus rasa ikan siap makan yang bisa langsung dicampurkan dengan makanan tanpa dimasak. Ia dibuat tanpa tambahan gula dan bahan pengawet kimia sehingga cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet. Rasanya pun terasa lebih alami saat dicampurkan pada makanan. Kamu bisa langsung mencocol saus ini pada makanan, atau mencampurnya ke jenis masakan yang gurih dan memiliki aroma kuat. 

Keunggulan:
  • Siap makan tanpa perlu dimasak
  • Tanpa tambahan gula dan bahan kimia
  • Rasa asin yang alami dan aroma kuat penggugah selera

5. Squid Thai Fish Sauce

Squid Thai Fish Sauce
Squid Thai Fish Sauce – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Dibuat melalui fermentasi alami selama 18 bulan

Jika kamu dan keluarga suka dengan aroma ikan yang kuat, Squid Thai Fish Sauce bisa menjadi pilihan. Dibuat dari bahan ikan segar, kecap ikan ini telah melalui proses fermentasi alami selama 18 bulan. Sehingga, ia kaya akan protein dan nutrisi asli dari ikan laut yang bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan otak. Tak perlu khawatir, ia tidak mengandung MSG, pewarna, atau bahan pengawet. Pastinya, keluarga makin senang dengan masakan Anda!

Keunggulan:
  • Ekstrak ikan segar
  • Fermentasi alami selama 18 bulan
  • Kaya protein dan nutrisi asli dari ikan laut
  • Tanpa MSG, pewarna, atau pengawet tambahan

6. Royal Gold Fish Sauce

Royal Gold Fish Sauce
Royal Gold Fish Sauce – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Tanpa bau amis yang menyengat

Untuk Anda yang tidak suka dengan rasa amis, Royal Gold Fish Sauce mungkin cocok untuk Anda. Meskipun aromanya cukup kuat, namun ia tidak terlalu menyengat. Sehingga, kecap ikan asal Thailand ini cocok untuk masakan lokal seperti nasi goreng atau berbagai masakan dari ikan laut. Untuk rasa yang lebih lezat, kamu bisa menambahkan perasan lemon atau madu pada resep masakan. Kecap ikan ini juga hadir dengan kemasan botol yang lebih besar untuk Anda yang biasa menggunakannya dalam jumlah banyak.

Keunggulan:
  • Aroma cukup kuat namun tidak terlalu menyengat
  • Tanpa bau amis

7. King Lobster Sauce Fish

King Lobster Sauce Fish
King Lobster Sauce Fish – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Karakter rasa cenderung lebih segar

King Lobster Sauce Fish hadir dengan harga yang lebih terjangkau, namun bukan berarti rasanya dipertaruhkan. DIbuat dari fermentasi ikan teri dengan proses tradisional, kecap ikan ini memiliki karakter rasa yang cenderung lebih segar, cocok untuk masakan yang direbus atau dipanggang. Untuk menambahkan citarasa segar pada masakan, kamu bisa mencampurnya dengan perasan jeruk nipis lemon. Dijamin, masakanmu bakal dicintai oleh siapapun yang mencobanya!

Keunggulan:
  • Fermentasi ikan teri segar
  • Karakter rasa yang cenderung lebih segar

8. LSH SUN BRAND FISH SAUCE

LSH SUN BRAND FISH SAUCE
LSH SUN BRAND FISH SAUCE – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Untuk citarasa umami khas masakan Cina

Kecap ikan yang lebih sering dikenal di Indonesia sebagai kecap ikan cap matahari ini adalah andalan banyak resto Chinese food di Indonesia untuk memberikan sensasi rata berbeda dengan umami yang menggugah selera. Kecap ikan ini dibuat dari hasil fermentasi ikan selama berbulan-bulan yang merupakan rahasia dari rasanya yang sangat lezat. 

Keunggulan:
  • Rasa umami yang kuat
  • Terbuat dari fermentasi ikan berkualitas

9. Saiton Fish Sauce

Saiton Fish Sauce
Saiton Fish Sauce – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Kecap ikan harga terjangkau

Jika kamu sedang berhemat, keap ikan Saiton Fish Sauce ini hadir dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu berkisar di bawah Rp. 20 ribuan per botol. Dibuat di Thailand, minyak ikan ini dikenal dengan rasa ikan aslinya dan cocok untuk berbagai masakan khas Thai maupun seafood. 

Keunggulan:
  • Dengan rasa ikan asli
  • Harga terjangkau

10. Oyster Brand Fish Sauce

Oyster Brand Fish Sauce
Oyster Brand Fish Sauce – Merk Kecap Ikan Terbaik 2023

Untuk rasa yang paling umami

Ingin menumis dengan rasa umami yang kental? Cobain deh kecap ikan dari Oyster ini. Berbeda dengan minyak ikan lainnya, ia memiliki rasa gurih yang lebih tebal dan sangat cocok untuk berbagai masakan tumis, mie dan nasi goreng. 

Keunggulan:
  • Cocok untuk tumis
  • Rasa gurih yang lebih tebal

 

FAQ

Apa saja merk kecap ikan terbaik di Indonesia?

Dikenal sebagai brand minyak ikan pertama di Indonesia, Djoe Hoa adalah merk minyak ikan terbaik di Indonesia dengan produk minyak ikan cap ikan merahnya. Ia tetap menggunakan resep asli sejak 1942, sehingga rasanya tetap gurih dan lezat seperti asinya!

Apa manfaat kecap ikan?

Kecap ikan dapat digunakan sebagai penyedap makanan serta memberikan aroma lezat yang menggugah selera. Kamu dapat menambahkannya pada masakan-masakan tradisional seperti nasi goreng, bakso, tumis-tumisan, hingga saus salad.

Kecap ikan terbuat dari apa?

Biasanya, kecap ikan terbuat dari kombinasi fermentasi ikan teri dan garam. Ada yang menggunakan tambahan gula atau MSG, namun merk kecap ikan yang bagus biasanya hanya menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Dimana tempat berbelanja kecap ikan terbaik di Indonesia?

Kita terbiasa membeli perlengkapan rumah tangga di toko secara langsung, padahal harga kecap ikan terbaik di toko online jauh lebih murah dibandingkan toko offline. Dari semua marketplace online di Indonesia, Shopee adalah rekomendasi kami untuk membeli alat elektronik rumah tangga. Selain harga yang lebih murah, pilihan di Shopee juga jauh lebih banyak!

 

Semoga rekomendasi 10 Kecap Ikan Terbaik di Indonesia ini dapat membantu kamu untuk menemukan pilihan kecap ikan terbaik yang tepat sesuai kebutuhanmu. Baca juga rekomendasi produk rumah tangga lainnya di webite kami. Jika kamu menganggap tulisan ini berguna, silahkan bagikan terhadap teman dan kerabat kamu ya. Tunggu rekomendasi-rekomendasi lainnya!


This post was brought to you by The Wedding Vow.

Disclosure: All opinions remain the writer’s own. There may be paid or sponsored mentions in the above article, but we believe in honesty of relationship, opinion, and identity. We will only recommend services that we have tried and tested ourselves or have done extensive research and find them to be useful recommendations. For more information, kindly refer to our copyright & disclosure policy.

To get featured on The Wedding Vow, email advertise@theweddingvowsg.com for advertising, editorial@theweddingvowsg.com for media content.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here